Kamis, 09 November 2023

Kegiatan UKGS Dan UKGM Untuk Membangun Tingkat Kesehatan Gigi Dan Mulut

   
 Usaha Kesehatan Gigi Sekolah (UKGS) adalah upaya kesehatan masyarakat yang ditujukan untuk memelihara, meningkatkan kesehatan gigi dan mulut seluruh peserta didik di sekolah binaan yang ditunjang dengan upaya kesehatan perorangan berupa upaya kuratif bagi individu (peserta didik) yang memerlukan perawatan kesehatan gigi dan mulut[5].

   

 Kegiatan UKGS dilaksanakan dengan melakukan edukasi atau penyuluhan tentang kesehatan gigi dan mulut, serta pemeriksaan gigi dan mulut pada siswa sekolah. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan siswa tentang kesehatan gigi dan mulut, serta membantu mencegah masalah kesehatan gigi dan mulut di masa depan[1][3].

    Peran dokter gigi dalam kegiatan UKGS antara lain sebagai penanggung jawab pelaksanaan operasional UKGS, bersama kepala puskesmas dan perawat gigi menyusun rencana kegiatan, memonitoring program, dan evaluasi. Peran kepala puskesmas dalam kegiatan UKGS antara lain sebagai koordinator pelaksanaan UKGS, pembimbing dan motivator, serta bersama dokter gigi melakukan perencanaan kesehatan gigi dan mulut. Petugas UKS terlibat secara penuh dalam penentuan SD, pembinaan guru dan dokter kecil, monitoring program, dan hubungan dengan Depdikbud[2].


    Kegiatan UKGM dilaksanakan dengan melakukan edukasi atau penyuluhan tentang kesehatan gigi dan mulut, serta konsultasi mengenai masalah kesehatan gigi dan mulut pada masyarakat. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang kesehatan gigi dan mulut, serta membantu mencegah masalah kesehatan gigi dan mulut di masa depan[1].


    Tujuan dari kegiatan UKGS dan UKGM adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan kesadaran masyarakat tentang kesehatan gigi dan mulut, serta membantu mencegah masalah kesehatan gigi dan mulut di masa depan. Kegiatan ini dilakukan melalui edukasi, pemeriksaan gigi dan mulut, serta konsultasi mengenai masalah kesehatan gigi dan mulut[1][3].


Citations:

[1] https://jurnalnew.unimus.ac.id/index.php/jipmi/article/view/138

[2] https://repository.poltekkes-smg.ac.id/index.php?bid=21234&fid=53549&p=fstream-pdf

[3] http://eprints.dinus.ac.id/20283/10/bab2_18480.pdf

[4] https://www.researchgate.net/publication/372893699_Edukasi_Kesehatan_Gigi-Mulut_Melalui_Kegiatan_UKGS_dan_UKGM_di_Wilayah_Kerja_Puskemas_Purwoyoso_Semarang

[5] https://dinkes.jatimprov.go.id/userfile/dokumen/pedoman-ukgs.pdf

[6] https://pkmbugulkidul.pasuruankota.go.id/pelayanan-kesehatan-gigi-ukgs-ukgm/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Senyawa Aktif Dalam Daun Sirih Yang Memiliki Aktivitas Antibakteri

Terdapat beberapa senyawa aktif dalam daun sirih yang memiliki aktivitas antibakteri, antara lain: Eugenol: Senyawa ini memiliki aktivitas a...